Jumat, 02 Oktober 2009

LANGKAH AWAL MENJALANKAN BISNIS INTERNET

Topik kali ini saya akan mencoba mengupas lebih dalam, apa saja sih yang diperlukan untuk mulai berbisnis di Internet. Apapun bisnis yang akan Anda mulai jual di Internet, dari menjual produk fisik (baju, sepatu, komputer, makanan) sampai produk digital (eBook, Audio, Video, Software) maupun jasa (Web desain, konsultasi), Anda perlu wajib tau prinsip dasarnya terlebih dahulu.
Berbisnis di Internet sudah menjadi trend di daerah barat bahkan masih booming sampai sekarang, dan pasar bisnis di Internet di kawasan Asia bahkan menunjukkan peningkatan. Menghasilkan uang dari Internet ada berbagai cara dan bahkan sudah terbukti, terlepas dari mitos bahwa Internet itu “Penipuan” atau tidak, sebaiknya Saya serahkan kembali ke masing - masing pembaca Blog ini.
Jika pada awalnya Anda skeptis bahwa produk - produk yang beredar di Internet itu adalah “penipuan“, mungkin Anda akan menjadi percaya, namun yang diperlu disadari adalah setiap detik, jam, hari yang Anda lalui itu dan membiarkan pikiran (negatif) ini terus menerus ada pada diri Anda, saya yakin bahwa Anda telah “meninggalkan” uang yang seharusnya sudah Anda terima saat ini juga. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa Internet itu ada sisi negatif dan positif, termasuk kejadian “penipuan“, maka dari itu sebaiknya pembaca blog ini harus lebih extra hati - hati dan memulai menghasilkan dari Internet dengan Mindset (pemikiran) yang tepat.
Baiklah, mari kita mulai dari hal mendasar yang diperlukan untuk mulai bisnis Internet, dan kenyataan yang harus dilalui.
1. Peluang / Ide
Hal ini sangat diperlukan sekali. Apa yang harus Anda jual / lakukan untuk menghasilkan dari Internet ?. Pada dasarnya kegiatan bisnis yang ada didunia nyata bisa di jual di Internet, asalkan dilakukan dengan tepat dan cermat. Cari ide dengan mengamati bisnis yang ada di kehidupan Anda, dengan membaca majalah - majalah dengan segmentasi khusus (majalah otomotif, fashion, komputer, tanaman, dlsb
2. Skills & Kemauan
Yap, skills / keahlian dan kemauan menjadi bagian dari prinsip utama Anda menjalankan bisnis / menghasilkan dari Internet. Tidak percaya ??? Mungkin sampai detik ini, mungkin Anda sudah kebanjiran informasi yang Anda dapat dari teman, relasi ataupun dari Internet bahwa mereka telah mendapatkan sekian Rupiah / Dollar HANYA dengan duduk santai di rumah, dan hanya perlu 3 jam bekerja saja dan uang terus mengalir masuk.
Faktanya : Ya benar, mereka memang benar telah menghasilkan. Tapi tahukah Anda, diperlukan skill apa saja untuk mencapai tahap itu ? Berapa banyak yang mereka habiskan untuk waktu, uang dan tenaga untuk mempelajari seluk beluknya dari NOL sampai benar-benar bisa menghasilkan (dan sukses) ? Hal apa saja yang berkaitan yang perlu dipelajari sehingga mereka mampu menghasilkan dari Internet ?.
Mungkin Anda bertanya “Apa sih yang perlu dipelajari, kok ribet banget?”. Salah satu-nya adalah : Cara men-setup Blog, mengerti sedikit PHP, CSS, HTML, menulis artikel (bahasa Indonesia maupun Inggris), men-setup email account di hosting, promosi produk (marketing), management, viral marketing, mendatangkan trafik ke website / blog, cara meng-upload (FTP) file ke hosting, cara meng-edit gambar untuk menambah warna dan teks, men-setup beberapa script yang diperlukan, SEO, Autoresponder, Social Bookmarking, Social Networking, Ping, Backlinks, Article Marketing, MRR, PLR, Landing Page, AIDA, Call-to-Action, Opt-in Form, Cloacking, Trackback, Pre-sell, Pre-launch, JV Partner, Link Exchange, menganalisa produk dan pasar, virtual real estate, dlsb.
Pembaca blog sekalian, saya tidak bermaksud untuk menjejal Anda dengan istilah - istilah asing yang ada di atas, semoga Anda tidak capek membaca yang diatas, ini adalah kenyataannya. Memang benar Anda harus menempuh semua itu (meskipun tidak semua yang harus anda pelajari) untuk benar-benar menghasilkan , oleh sebab itulah saya mengatakan bahwa Internet itu memang sudah terbukti bisa menghasilkan karena setiap orang PERLU bekerja dan meluangkan waktu dan konsentrasi layaknya Anda menjalankan bisnis konvensional juga. Kalau dengan TANPA bekerja apapun dan bisa menghasilkan, hal ini tentunya terlalu mudah untuk dipercaya, ya ga ?
Jika Anda menemukan informasi seperti ini “Anda bisa menghasilkan ribuan dollar secara otomatis tanpa harus bekerja“, nah informasi seperti ini ada benarnya JIKA Anda telah benar-benar menguasai Skill yang diperlukan dan memiliki KEMAUAN yang gigih juga untuk mencapai tahap itu.
Nah, pembaca blog sekalian, masih maukah Anda mendulang dollar dari Internet dengan kenyataan (jerih payah) yang ternyata harus dilalui ini? Jika tidak, maka jalur menghasilkan uang dari Internet ini memang bukan tipe yang tepat untuk Anda.
3. Lakukan Secepat Mungkin
Secepat mungkin mengambil tindakkan dengan membuat perincian dan detil diatas kertas, apa saja yang diperlukan untuk memulai bisnis di Internet, dan segera tutupi kekurangan Anda itu dengan segera. Pada fase masih belajar berbagai hal, segera praktekkan apa yang telah dipelajari.

Tidak ada komentar: